Laman

Rabu, 02 September 2015

BanyuwangiKu


Hai temen-temen, saya mau kenalin kota dimana saya lahir yaitu Banyuwangi..
Kenapa disebut Banyuwangi ?
Karena diambil dari legenda yang menceritakan sesorang wanita bernama Surati yang diduga selingkuh oleh suaminya yang berama Raden Banterang, yang pada akhirnya Surati dibunuh oleh suaminya dan dibuang ke sungai dan ternyata sungainya beraroma wangi. Dari situlah dinamakan “Banyuwangi” yang berarti “Air yang Wangi”

Saya jelasin dulu letaknya yaa..
Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur bahkan di pulau Jawa. Luasnya 5.782,50 km. Wilayahnya cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung (3.282 m) dan Gunung Merapi (2.800 m) terdapat Kawah Ijen, keduanya adalah gunung api aktif. Bagian selatan terdapat perkebunan, peninggalan sejak zaman Hindia Belanda. Di perbatasan dengan Kabupaten Jember bagian selatan, merupakan kawasan konservasi yang kini dilindungi dalam sebuah cagar alam, yakni Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Sukamade merupakan kawasan pengembangan penyu. Di Semenanjung Blambangan juga terdapat cagar alam, yaitu Taman Nasional Alas Purwo.
Pantai timur Banyuwangi (Selat Bali) merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Di
Muncar terdapat pelabuhan perikanan.

Nah, guys udah saya jelasin kan dimana itu Banyuwangi. Sekarang saya mau jelasin apa aja makanan khasnya.  Makanan khas Banyuwangi antara lain adalah :

Kue Bagiak
 
Merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang berbentuk kue kering dan berbahan dasar tepung sagu. Kue bagiak khas Banyuwangi ini rasanya tidak sekeras bagiak dari Maluku, malah lebih mirip kue semprit dengan aroma rempah keningar. Komposisi yang disebutkan adalah tapioka, gula, dll. Tersedia dalam 4 macam rasa : keningar, jahe, kacang, susu.




Sego Cawuk/Sego Janganan
 
Makanan ini adalah makanan khas lainnya dari Banyuwangi. Nasi dengan sayur yang terbuat dari kelapa diparut dengan sambal/gecok, konon ini adalah menu favorit Syekh Siti Jenar. Nasi ini cocok digunakan untuk menu sarapan.





Rujak Soto
 
Adalah salah satu makanan khas Banyuwangi. Rujaknya seperti rujak Jawa Timur-an umumnya, yaitu irisan lontong dibubuhi kangkung, tauge, ketimun, tahu, dan tempe, dibubuhi sambal petis dengan kacang tanah dan gula merah. Seperti rujak Jawa Timur umumnya, sambalnya memakai pisang kluthuk batu yang diuleg bersama bumbu-bumbu lainnya. Rujak segar itu kemudian diguyur dengan kuah soto babat yang encer dan berwarna kuning.



Selain itu saya juga akan jelasin budaya-budaya asli Bnyuwangi nih guys..
Cukup perlu kalian ketahui aja, Banyuwangi itu banyak budayanya yang menarik, yang banyak narik turis dari luar negri :D diantaranya nih guys, ada :

PETIK LAUT MUNCAR

 
Sekilas Dalam tiap bulan Muharam atau Syuro dalam penanggalan Jawa, bukan hanya petani, nelayan pun menggelar ritual untuk memohon berkah rezeki dan keselamatan.





BARONG KEMIREN
 
Bagi masyarakat Using/Osing, barong adalah sebuah simbol kebersamaan. Ritual apa pun di daerah Banyuwangi hampir tidak pernah lepas dari tarian ini. Kata 'barong' berasal dari bahasa Using, bareng artinya









KEBO-KEBOAN

Kebo-keboan adalah satu lagi budaya daerah Banyuwangi yang patut Anda saksikan dan selami. Datanglah ke Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi dan Dusun Krajan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana ritual itu dihelat dalam suasana penuh suka cita sekaligus pengharapan yang meruah. Rutinnya setiap tahun berlangsung antara tanggal 1 sampai 10 bulan Muharam atau Suro (penanggalan Jawa). Keramaian tentunya terjadi terlebih biasanya kegiatan ini dipilih di hari Minggu.

Temen-temen , Bnyuwangi juga punya julukan loo.. ini nih antara lain :
o    Banyuwangi Kota Pisang
o    Banyuwangi Lumbung Padi
o    Banyuwangi Kota Bahari
o    Banyuwangi Kota Petualang
o    Banyuwangi Bumi blambangan
o    Banyuwangi Ijo Royo-Royo
o    Banyuwangi Kota Gandrung
o    Banyuwangi Kota Osing
o    Banyuwangi Kota santet
o    Banyuwangi Kota Kopi
o    Banyuwangi Kota Festival
o    Banyuwangi Kota Penyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar